WelComE tO mY Blogg......

Jumat, 10 Februari 2012

Materi TIK kelas XI


Perangkat keras untuk akses internet
Ethernet Card, Modem, Router
Jaringan Komputer
dan Email


Perangkat keras yang digunakan untuk akses Internet
Untuk melakukan akses Internet  selain seperangkat komputer minimal sistem operasi yang digunakan adalah window 95 perlu didukung peralatan yang lain antaranya :

1.    Modem
    Modem singkatan dari Modulator Demodulator berfungsi untuk mengubah gelombang analog menjadi sinyal digital dari kabel telepon sehingga komputer dapat terkoneksi dengan internet. Modem dirancang untuk beroperasi pada kecepatan tertentu biasanya 300, 1200, 2400, 4800 atau 96000 bit per detik dan seterusnya kecepatan modem menentukan kecepatan transmisi data.
ADSL adalah type modem untuk penggunaan accses internet kecepatan tinggi. Umumnya modem ADSL merupakan integrasi  dari modem, firewall dan ethernet switch serta router dan mungkin juga dengan transiever. Modem ADSL bekerja pada frekwensi yang berbeda dengan  frekwensi yang digunakan dalam percakapan telephon sehingga saluran telephon dapat digunakan untuk percakapan bersamaan dengan penggunaan transmisi data melalui modem ADSL.

2.    Saluran Telepon atau  TV Kabel atau Hand Phone (HP)
    Saluran Telepon merupakan perangkat keras yang harus disediakan dalam rangka akan membangun internet. Selain itu dapat digunakan pula handphone atau telepon seluler yang menyediakan modem dalam alat tersebut sehingga memungkinkan dihubungkan dengan kabel  data untuk akses internet. Dengan handpone atau saluran kabel dan modem dial up kita dapat melakukan akses internet, misalnya melalui Telkomnet Instans tanpa harus mendaftar dulu.
Untuk jaringan internet lainnya penggunaan modem dial up harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu ke ISP, misalnya CBN dan Indoinstans. Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan handphone. Dapat dihubungkan melalui Bluetooth maupun usb cable data. Saat online jalur telepon juga tidak terganggu. Bisa menggunakan jaringan GSM maupun CDMA. GSM dapat lebih cepat dengan teknologi 3G atau bahkan teknologi terbaru high speed 3,5G. Sedangkan CDMA menggunakan teknologi CDMA 2000 1x hampir setara dengan 3G. Perhitungan biaya hampir sama semua yaitu menggunakan sistem perhitungan per kilobyte. Kecepatan mulai dari 64kb - 2mb

3.    Internet Servis Provider (ISP)
    Internet Servis Provider (ISP) merupakan jasa pelayanan yang diberikan salah satu perusahaan untuk melayani akses internet, dimana pemakai diharuskan untuk mendaftar terlebih dahulu, baru setelah  itu ISP tersebut memberikan User ID dan Password kepada pelanggannya.

4.    User ID dan Password
    Untuk menjaga keamanan dari para pengguna internet, ISP memberikan User ID yang disertai Pasword. User ID merupakan identitas pelanggan yang diberikan ISP untuk akses Internet, sedangkan pasword merupakan kata kunci untuk akses internet yang hanya diberikan kepada pelanggan yang mengakses internet, kecuali telkomnet instans memiliki User ID Pasword
yang sama untuk pengguna dan pelanggan internet.

Ethernet Card

Kartu Jaringan (Network Interface Cards (NIC)) merupakan perangkat yang menyediakan media untuk menghubungkan antar komputer, kebanyakan kartu jaringan adalah kartu internal, yaitu kartu jaringan yang di pasang pada slot ekspansi di dalam komputer.
Beberapa komputer seperti komputer MAC, menggunakan sebuah kotak khusus yang ditancapkan ke port serial atau SCSI port komputernya. Pada komputer notebook ada slot untuk kartu jaringan yang biasa disebut PCMCIA slot.
Kartu jaringan yang banyak terpakai saat ini adalah  Kartu jaringan Ethernet (Ethernet Card), LocalTalk konektor, dan kartu jaringan Token Ring. Yang saat ini populer digunakan adalah Ethernet.
Sehingga Ethernet Card dapat diartikan sebagai peralatan yang digunakan untuk memungkinkan koneksi suatu sistem, pada umumnya komputer/PC ke jaringan yang menggunakan frame-based technology (digunakan terutama untuk Local Area Network /LAN).
    Kartu jaringan Ethernet biasanya dibeli terpisah dengan komputer, kecualiseperti komputer Macintosh yang sudah mengikutkan kartu jaringan Ethernet didalamnya. kartu Jaringan ethernet umumnya telah menyediakan port koneksi untuk kabel Koaksial ataupun kabel twisted pair, jika didesain untuk kabel koaksial konenektorya adalah BNC, dan apabila didesain untuk kabel twisted pair maka akan punya konektor RJ-45. Beberapa kartu jaringan ethernet kadang juga punya konektor AUI. Semua itu di koneksikan dengan koaksial, twisted pair, ataupun dengan kabel fiber optik.

Jenis-jenis Ethernet
Jika dilihat dari kecepatannya, Ethernet terbagi menjadi empat jenis, yakni sebagai berikut:
•    10 Mbit/detik, yang sering disebut sebagai Ethernet saja (standar yang digunakan: 10Base2, 10Base5, 10BaseT, 10BaseF)
•    100 Mbit/detik, yang sering disebut sebagai Fast Ethernet (standar yang digunakan: 100BaseFX, 100BaseT, 100BaseT4, 100BaseTX)
•    1000 Mbit/detik atau 1 Gbit/detik, yang sering disebut sebagai Gigabit Ethernet (standar yang digunakan: 1000BaseCX, 1000BaseLX, 1000BaseSX, 1000BaseT).
•    10000 Mbit/detik atau 10 Gbit/detik. Standar ini belum banyak diimplementasikan.

Modem & Router

MODEM  merupakan alat yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital komputer menjadi sinyal analog dan sebaliknya. Komputer yang melakukan koneksi dengan internet dihubungkan dengan saluran telpon melalui modem.
Berdasarkan fungsinya modem dibagi menjadi tiga jenis. yaitu:
1.     Modem Dial Up
Modem dial Up biasa digunakan oleh Personal Computer (PC) yang langsung dihubungkan melalui saluran telepon.  Jenis modem dial up ada dua macam yaitu:
1.    Modem Internal
Merupakan modem yang dipasang dalam komputer terutama pada slot ekspansi yang tersedia dalam mainboard komputer. Rata-rata kecepatan modem internal untuk melakukan download adalah 56 Kbps.
Keuntungan penggunakan modem internal
1.     Lebih hemat tempat dan harga lebih ekonomis.
2.     Tidak membutuhkan adaptor sehingga terkesan lebih ringkas tanpa ada banyak kabel.
Kelemahan modem internal
1.     Modem ini tidak memerlukan lampu indikator sehingga sulit untuk memantau status modem.
2.    Modem ini tidak menggunakan sumber tegangan sendiri sehingga membutuhkan daya dari power supply. Hal ini mengakibatkan suhu dalam kotak CPU bertambah panas.

2.     Modem Eksternal
Modem eksternal merupakan modem yang letaknya diluar CPU komputer. Modem ekternal dihubungkan ke komputer melalui port com atau USB. Pemasangan modem ini adalah dengan cara menghubungkan modem ke power dan menghubungkannya lagi ke adaptor lalu disambungkan kembali ke listrik.
Keuntungan modem eksternal:
1.    Portabilitas yang cukup baik sehingga bisa pindah-pindah untuk digunakan pada komputer lain
2.    Dilengkapi lampu indikator sehingga mudah untuk memantau status dari modem.
Kelemahan dari modem eksternal
1.    Harga lebih mahal dari pada modem internal
2.    Membutuhkan tempat atau lokasi tersendiri untuk menaruh modem tersebut.
2.     Modem Kabel
Modem Kabel (Cable Modem), adalah perangkat keras yang menyambungkan PC dengan sambungan TV kabel. Jaringan TV kabel ini dapat dipakai untuk koneksi ke internet dengan kecepatan lebih tinggi dibandingkan dengan modem dial up atau modem ADSL, kecepatan modem kabel maksimum 27Mbps downstream (kecepatan download ke pengguna) dan 2,5Mbps upstream (kecepatan upload dari pengguna). Sebelum dapat terkoneksi dengan internet, maka pengguna diharuskan untuk melakukan pendaftaran kepada penyedia jasa TV kabel dan ISP (internet Service Provider).

3.     Modem ADSL (asymmetric Digital Subscriber line).

ROUTER adalah sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Proses routing terjadi pada lapisan jaringan Internet Protocol (IP).
Fungsi
•    Menghubungkan dua atau lebih rangkaian untuk membentuk satu rangkaian
internetwork.
•    Menghubungkan dua rangkaian yang berlainan protokol.
•    Mengawal keselamatan rangkaian dengan membuat lapisan pada paket.

E-mail  (Elektronick Mail)
Kemajuan teknologi memungkinkan sesama pengguna komputer yang saling terhubung melalui jaringan komputer dapat berkomunikasi secara langsung melalui teks, teknologi ini dikenal dengan E-mail (Elekctronick Mail) atau surat elektronik yang telah digunakan sejak pertengahan tahun 60-an.

Dengan e-mail komunikasi menjadi lebih aman, lebih cepat (tidak membedakan jarak dan waktu) sehingga saat e-mail dikirim si penerima dapat menerima e-mail pada saat itu juga.

Macam-macam sistem layanan email

1.    POP3 Mail
POP singkatan Post Office Protocol, sedangkan POP3 adalah POP jenis terakhir, yakni suatu  sistem yang mirip dengan yang dialami oleh sebuah mail (surat) biasa, dengan mengendalikan sistem ISP sebagai kantor pos yang menampung semua surat-surat yang datang pada email server yang ada pada ISP di mana alamat email kita terdaftar.
Untuk mengecek e-mail jenis ini, kita terlebih dahulu harus connect ke server POP mail, kemudian mendownload seluruh e-mail yang ada, setelah itu baru kita bisa memutuskan hubungan internet dan membaca e-mail tersebut. Untuk menjalankan POP mail digunakan program client mail seperti Outlook express.

2.    Web Based E-mail
        Layanan e-mail ini pengaksesannya melalui Web site, dimana mengutamakan kemudahan akses ke dalam MailBox (kotak surat) secara gratis dengan menggunakan World Wide Web sebagai media untuk masuk ke dalam mailbox tanpa memperdulikan pelanggannya berasal dari ISP mana, dengan kata lain Email Berbasis Web, adalah sebuah server e-mail berbasis Websites (seperti Web site-Web site lainnya), dimana pengoperasiannya selalu menuntut dalam kondisi Online (dalam keadaan terkoneksi kejaringan Internet). Biasanya e-mail jenis ini banyak disediakansecara gratis oleh Web site-Web site tertentu di Internet, seperti :Hotmail.com, Yahoo.com, Apasich.com, SkyBiz.com dan lain sebagainya, selain itu tidak membutuhkan program e-mail khusus seperti Microsoft outlook, Eudora, dan lainnya.

Perbedaan antara email berbasis pop3 dengan email berbasis web :
Email berbasis POP3    Email berbasis Web
1.    memerlukan aplikasi mail client.
2.    Akses internet pada saat mengirim dan menerima dapat dikurangi.
3.    Hanya dapat dibuka oleh komputer pengguna
4.    kapasitas media penyimpanan  lebih besar karena ukuran penyimpanannya tidak terbatas (ditentukan sendiri)
5.    proses relatif lambat
6.    email dapat diambil dari server dan disimpan di email client   

Tidak memerlukan aplikasi mail client.
2.    Selalu dalam keadaan on line
3.    dapat dilihat oleh siapapun yang memiliki akses  internet.
4.    Karena menggunakan komputer orang lain yang dibatasi dalam kapasitas penyimpanannya
5.    Cepat dan handal
6.    pemakai hanya dapat membaca email yang diterimanya dan melakukan interaksi dengan email tersebut secara user friendly.

Kelebihan dan  kekurangan
Email berbasis POP3    Email berbasis Web
Kelebihan
1.    Lebih mudah dalam pengarsipan, karena email disimpan dikomputer pengguna
2.    Dapat dibaca secara offline (tidak connect ke internet),  setelah mendownload seluruh email yang ada di server  POP kemudian bisa memutuskan hubungan dengan internet dan membaca email.    Kelebihan
1.    dapat membuka email miliknya dari sembarang tempat yang memiliki akses internet.
2.    Tidak memerlukan mail client karena dapat berinteraksi dengan layanan tersebut langsung dari situs web.
3.     Lebih cepat dan handal
Kekurangan
1.    tidak bisa mengecek email Anda dari sembarang tempat.
2.    Hanya dapat dibuka dari komputer pemakai saja    Kekurangan
1.    untuk mengecek email Anda harus selalu terhubung ke internet .
2.    Sulit diarsipkan, karena email tersimpan di komputer server. Jika sewaktu-waktu server mengalami masalah, ada kemungkinan email dapat hilang begitu saja.

MailBox di Kantor Pos dan MailBox E-Mail
a.    Mailbox di kantor Pos
Mailbox di kantor pos adalah penyimpanan surat secara fisik seperti :
•    Kotak surat, yang terpasang didepan rumah
•    Bis surat, kotak yang dipasang dijalan-jalan tetentu
•    Kotak surat, yang dipasang di depan kantor pos
Mailbox di kantor pos mempunyai nomor identitas (User ID) dan password yang berupa kunci kotak secara fisik.

b.    Mailbox  e-mail
Mailbox e-mail (logik) adalah penyimpan surat dengan cara mengakses melalui jaringan internet. Untuk mendapatkan User ID dan Password harus registrasi atau membuat e-mail lewat ISP atau e-mail gratis yang disediakan oleh website-website penyedia layanan e-mail.

Membuat E-mail Dengan Website Yahoo
        Yahoo! Mail merupakan website penyedia layanan email yang paling populer di masyarakat, Yahoo! Mail menyediakan layanan e-mail gratis dengan kapasitas mailbox hingga lebih 100 Mega Byte (100 MB).

1.  Mendaftar E-mail
    Untuk memperoleh sebuah account e-mail di Yahoo! Mail langkah-langkahnya :
1.    Jalankan browser, lalu ketik mail.yahoo.com pada address bar kemudian tekan enter.
2.    Setelah terbuka halaman web seperti gambar di bawah, klik tombol hyperlink Sign Up Now atau klik  tombol Daftar
3.    Setelah muncul form registrasi, isilah semua yang diminta. Untuk pengisian pada bagian Yahoo! ID pilihlah kata-kata mudah dan kemungkinan belum dipakai oleh orang lain. Yahoo! ID ini nantinya akan menjadi nama alamat email anda. Misalkan pada yahoo! ID diisi sman1srg maka alamat e-mail lengkapnya menjadi sman1srg@yahoo.com . Kemudian isilah Password yang nantinya akan berfungsi sebagai kata kunci jika akan membuka Mailbox anda.
4.    Setelah semua data diisi benar, klik tombol I agree yang terletak dibagian paling bawah form pengisian.

Setelah proses pendaftaran berhasil, maka akan muncul halaman konfirmasi,  Anda dapat mengklik tombol Continue to Yahoo untuk membuka halaman web Yahoo!

2.    Membuka/ Membaca Surat Lewat E-mail
        Untuk membaca pesan atau surat elektronik menggunakan account Yahoo! Mail, Langkah-langkahnya :
1.    Jalankan browser, lalu ketik mail.yahoo.com pada address bar, kemudian tekan tombol enter pada keyboard.
2.    Kemudian ketikkan Yahoo! ID anda pada kotak isian Yahoo!ID, dan ketikkan password, lalu kliklah sombol Sign In.
3.    Setelah proses sign in berhasil, akan tampil halaman yang memuat inbox.
4.    Klik pada Inbox (kotak masuk) yang ada di bagian halaman web, Klik salah satu judul e-mail yang akan dibaca sehingga terbuka halaman e-mail yang akan dibaca.



3.    Menulis Surat dan Mengirim Pesan Lewat E-mail

    Untuk menulis surat elektronik dan mengirimnya, caranya dapat dikuti langkah-langkah berikut :
1.    Pastikan dalam keadaan sign in (ikuti langkah 1 s.d 3 cara membuka email)
2.    Klik tulisan compose (tulis) sehingga dilayar akan muncul gambar berikut
3.    Pada kotak isian To ketik alamat email yang di tuju.
4.    Pada kotak isian Cc 
5.    Pada kotak isian Subject, ketik topik yang sesuai isi surat. Contoh : Tugas ketiga.
6.    Ketik isi surat pada  bagian editor teks.
7.    Untuk meneruskan e-mail tersebut, klik tombol send (kirim)

4.    Membaca dan Membalas (Reply)
1.    Untuk mengetahui ada surat yang masuk atau tidak cukup dengan mengklik tombol inbox atau mengklik tombol Check mail hingga tampil daftar surat yang masuk, klik salah satu untuk membacanya.
2.    Untuk membalas atau menjawab e-mail yang kita terima, klik tombol Reply hingga halaman pengiriman surat terbuka. Jika ingin meneruskan e-mail ke rekan / alamat yang lain kliklah tombol forward dan halaman pengiriman surat terbuka, dan kita tinggal mengetikkan alamat e-mail yang ingin kita teruskan atau kita kirimi.

Attachment File

Attachment adalah fitur dalam pengiriman email yang memungkinkan kita untuk melampirkan suatu file dalam komputer saat mengirim email. Kadang saat kita mengirimkan surat kita ingin mengikutkan lampiran surat yang lain sehingga surat yang kita buat menjadi lebih lengkap tetapi tidak terlalu panjang.
Singkatnya, fungsi Attachment File dalam sebuah email yaitu untuk mengirimkan suatu file misalnya document word, power point, excel, video,gambar,animasi dll., melalui email ke alamat email tujuannya.
 Hal ini dilakukan karena format dalam konten email sangat sederhana sehingga sulit untuk mengirimkan data seperti format graphic, spreadsheet, word processor, dan file video. Jadi hal ini dapat dimanfaatkansebagai sarana berbagi file dengan seseorang melalui email.
Sedangkan cara melakukan Attachment File ialah :
- klik compose pada pilihan yang ada pada email anda
- klik attachment file
- Klik Browse
- Pilih file yang diinginkan
- Klik Attach File
- Pilih Done
- Klik Send

Membuat Formula, Grafik, dan Gambar serta Menggabungkan Karya pada lembar kerja
A.Memasukan Formula dalam Microsoft Excel

Microsoft Excel sebagai program pengolah angka menyediakan fasilitas penghitungan dengan menggunakan rumus. Formula atau rumus dapat berupa fungsi ( function ), operator ( operators ), atau nilai konstan ( constant ). Untuk memasukan rumus harus di awali dengan ( = ).
Operator matematika pada Microsoft excel merupakan operator matematika yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari – hari
Contoh operator pada matematika

a.( ) pengelompokan operasi
b.– minus
c.% persentase
d.^ perpangkatan
e.* perkalian
f./ pembagian
g.+ penjumlahan
h._ pengurangan
i.& penggabungan data teks

Selain operator matematika terdapat pula operator pembanding yang akan menghasilkan nilai logika

Contoh operator pembanding

a.<> lebih besar dari
d.>= lebih besar dari sama dengan
e.<> tidak sama dengan
f.= sama dengan

1.Menggunakan Angka Tetap

Untuk menghitung perkalian antara 20 dengan 30 dapat dilakukan sebagai berikut

a.letakan penunjuk sel ditempat yang diinginkan
b.ketikan data =20*30 pada formula bar
c.tekan tombol enter pada keyboard
2.Menghapus Referensi Sel

Contoh untuk menghitung penjumlahan antara nilai pada sel C2 dengan C3 dapat dilakukan sebagai berikut

a.Letakan penunjuk sel pada sel C4
b.Ketikan data =C2+C3 pada formula bar
c.Tekan tombol enter pada keyboard

B.Menggunakan Referensi Absolut dan Relatif

1.Referensi Absolut

Referensi absolute pada suatu formula selalu menunjuk ke sel tang terletak pada lokasi yang tetap. Apabila posisi sel yang berisi formula berubah, posisi referensi sel tidak akan berubah. Apabila kamu menyalin formula atau rumus yang terdapat pada sel yang berisi rumus ke sel lain, referensi sel yang terdapat pada sel tersebut akan tetap menunjuk ke sel yang tetap.

2.Referensi Relatif

Referensi relative pada suatu formula berbeda dengan referensi absolut. Apabila referensi sel disalin maka referensi sel relative akan berubah sesuai dengan posisi relative sel yang berisi formula.

3.Referensi Semi Absolut

Referensi semi absolute merupakan gabungan antara referensi absolute dengan referensi relative.

C. Menggunakan Fungsi dalam Microsoft Excel

Fungsi merupakan fasilitas yang disediakan Microsoft Excel untuk membantu perhitunagn yang cukup rumit. Beberapa fungsi dalam Microsoft excel

a.fungsi database menganalisis data yang tersimpan dalam database
b.fungsi date and time memanioulasi tanggal dan waktu
c.fungsi external menjalankan fungsi yang terdapat di luar
d.fungsi engineering menjalankan fungsi yang berhubungan dengan bidang teknik
e.fungsi financial menjalankan fungsi keuangan
f.fungsi information menampilkan informasi yang berhubungan dengan lembar kerja
g.fungsi logical menjalankan operasi logika
h.fungsi lookup and reference menjalankan fungsi pembacaan table damn referensi
i.fungsi math and trigonometri menjalankan fungsi matematika dan trigonometri
j.fungsi statistical menjalankan fungsi statistik
k.fungsi text anddata mengelola data berjenis teks

Cara untuk menggunakan fungsi yaitu dapat dilakukan secara manu7al dan melalui toolbar insert function

1.Secara Manual

a.arahkan penunjuk sel pada sel yang akan digunakan
b.ketikan fungsi sesuai dengan format yang telah ditentukan
2.Menggunakan Insert Function
a.arahkan penujuk sel pada sel yang akan digunakan
b.klik menu insert → function
c.selanjutnya akan tampil kotak dialog insert function
d.pilih sum lalu klik ok
e.masukan range data yang ingin dijumlah

Operator matematika selain sum adalah

a.ABS untuk menghasilkan nilai absolute
b.INT untuk mengambil nilai integer ( nilai decimal diabaikan )
Fungsi logika dan statistik yand biasa digunakan adalah AND dan OR. Digunakan untuk menggabungkan beberapa ekspresi logika. Hasilnya berupa true or false. Hasil true jika memenuhi syarat sedangkan false tidak memenuhi syarat.Terdapat pula operator IF.

Digunakan untuk membuat pernyataan dengan kondisi tertentu.Sedangkan fungsi statistika mempunyai operator seperti

a.AVERAGE mencari nilai rata – rata dari sekumpulan data
b.COUNT menghitung banyaknya data
c.MAX mencari nilai terbesar sekumpulan data
d.MIN mencari nilai terkecil dari sekumpulan data

C.Menyalin Formula

1.menggunakan drag and drop

Langkah – langkahnya adalah sebagai berikut
a.pada lembar kerja dibuat formula pada subtotal
b.untuk menyalin formula kebawah dilakukan dengan mengarahkan petunjuk
c.pada saat tanda berubah menjadi +, tekan dan tahan tombol kiri mose dan geser kea rah bawah]
d.secara otomatis akan tersalin datanya

2.Menggunakan Menu Edit

Langkah – langkah yang digunakan adalah sebagai berikut
a.Buat suatu formula untuk menghasilkan nilai subtotal
b.Blok sel yang akan menampung salinan
c.Pilih menu edit → fill → down
d.Formula akan tersalin pada sel yang telah ditentukan

D.Membuat Grafik

Langkah – langkah yang dilakukan untuk membuat grafik adalah sebagai berikut
a.blok sel yang berisi data yang akan digunakan
b.pilih menu insert → chart
c.akan tampil dialog chart wizard – step 1 of 4 – chart type. Beberapa bagian kotak dialog chart wizard
1.chart type memilih tipe grafik
2.chart sub type memilih format tampilan grafik
3.tombol press and hold to view sample melihat contoh tampilan grafik
d.klik tombol next setelah memilih jenis grafik
e.terdapat tab series yang dapat digunakan untuk mengatur pengambilan data series
f.tekan tombol next. Pada tab title terdapat beberapa bagian sebagai berikut
1.chart title membuat judul grafik
2.category (X) axis membuat judul pada sumbu X
3.series (Y) axis membuat judul pada sumbu Y
4.value (Z) axis membuat judul pada sumbu Z
g.selain title terdapat pula beberapa tab lain sebagai berikut

1.axes mengatur tampilan judul pada sumbu X, Y, dan Z
2.gridlines mengatur tampilan grid pada sumbu X, Y, dan Z
3.legend mengatur tampilan legenda
4.data labels mengatur tampilan label data pada grafik
5.data table mengatur tampilan table data
6.tekan tombol next
7..lakukan pemilihan lokasi penempatan grafik. Ada 2 pilihan yaitu

1.as new sheet menampilkan grafik pada lembar kerja yang berisi data
2.as object in menampilkan grafik pada lembar kerja yang sama dengan data
8. tekan tombol finish

E.Memodifikasi Grafik

1.Memodifikasi Jenis Grafik

Langkah – langkahnya sebagai berikut
a.pilih grafik yang akan diubah
b.pilih menu chart → chart type
c.ubah grafik dengan pilihan yang diinginkan
d.setelah memilih tekan ok

2.Memodifikasi Sumber Data Grafik

Langkah – langkahnya sebagai berikut
a.pilih grafik yang akan di ubah
b.pilih menu chart → sorce data
c.tentukan data range yang akan digunakan
d.lalu tekan ok

3.Memodifikasi Chart Option

Langkah – langkahnya sebagai berikut
a.pilih grafik yang akan diubah
b.pilih menu chart → chart options
c.pilih tab yang akan digunakan untuk melakukan perubahan
d.tekan ok

4.Memodifikasi Lokasi Grafik

Langkah – langkahnya adalah sebagai berikut
a.pilih grafik yang akan diubah
b.pilih menu chart → location
c.tandai pilian as object in
d.setelah selesai tekan ok

5.Menambah Data Grafik

Langkah – langkahnya adalah sebagai berikut
a.pilih grafik yang akan diubah
b.pilih menu chart → add data
c.lalu tekan tombol ok

6.Menambahkan Trendline pada Grafik

Langkah – langkahnya sebagai berikut
a.Pilih grafik yang aka di ubah
b.Pilih menu chart → add trendline
c.Terdapat dua tab yaitu tab type untuk memilih jenis trend, tab options untuk pengaturan trendline
d.Setalah selesai tekan tombol ok

7.Memodifikasi Tampilan 3D

Langkah – lannkahnya sebagai berikut
a.pilih grafik yang akan diubah
b.pilih menu chart → 3D view
c.pada kotak dialog terdapat beberapa pilihan seperti
1.elevation pengaturan tinggi sisi pandang grafik
2.rotation mengatur rotasi grafik terhadap sumbu vertical
d.setelah selesai tekan ok

F.Mengurutkan Data

Untuk mengurutkan data terdapat dua cara yaitu :

ascending dan
descending.

Ascending yaitu merupakan pengurutan data dari A sampai Z. Sedangkan descending yaitu pengurutan data dari Z sampai A.

G.Menggunakan Filter Data

Langkah – langkahnya sebagai berikut
a.blok sel yang akan disaring
b.pilih menu data → filter → autofilter
c.secara otomatis padasetiap kolom akan muncul tanda panah
d.klik judul kolom yang digunakan sebagai acuan kemudian pilih kriterianya
1. Menggunakan Pilihan yang Tersedia
Langkah – langkahnya adalah sebagai berikut
a.klik tanda panah disebelah kanan suatu kolom
b.pilih criteria data yang akn ditampilkan
c.klik tanda panah pada data yang diinginkan
d.akan tampil data tyang diinginkan
2.Menggunakan Pilihan All
Langkah – langkahnya adalah sebagai berikut
a.klik tanda panah pada kolom tertentu
b.pilih all
c.selanjutnya semua data akan ditampilkan
3.Menggunakan Costum Auto Filter
Langkah – langkahnya adalah sebagai berikut
a.klik tanda panah pada data yang diinginkan
b.pilih costum
c.selanjutnya akan tampil kotak dialog costum autofilter.
Pada kotak show rows where terdapat beberapa pilihan sebagai berikut
1.equals sama dengan
2.does not equals tidak sama dengan
3.is greater than lebih besar dari
4.is greater than or equal to lebih besar atau sama dengan
5.is less than kurang dari
6.is less than or equal to kurang dari atau sama dengan
7.begins with diawali dengan
8.does not begin with tidak diawali dengan
9.ends with diakhiri dengan
10.does not ends with tidak diakhiri dengan
11.contains mengandung
12.does not contain tidak mengandung
d.setelah sesuai dengan kemauan, lalu tekan ok
4.Menggunakan Top 10
Langkah – langkahnya adalah sebagai berikut
a.klik tanda panah pada data terakhir
b.pilih top 10
c.akan tampil kotak top 10 autofilter
d.pilih top atau bottom
e.masukan nilai
f.data akan tampil sesuai dengan keinginan
H.Menyisipkan Dokumen Microsoft Excel ke dalam Dokumen Microsoft Word
1.Menggunakan Menu Insert
Langkah – langkahnya sebagai berikut
a.pilih menu insert
b.pilih object untuk memasukan objek dan pilih data untuk memasukan data
c.Pilih menu insert → file, kemudian pilih lokasi dokumen disimpan.
2.Menggunakan copy dan paste
Langkah – langkahnya sebagai berikut
a.buka dokumen yang akan disisipkan
b.salin data tersebt menggunakan fasilitas copt dan cut
c.buka dokumen Microsoft word dimana data microsoftexcel akan disalin
d.data yang akan disalin pindahkan dengan cara memilih menu edit → paste

Tidak ada komentar:

Posting Komentar